Pages

Rabu, 27 Februari 2013

Amalan dan Langit Ketujuh


Berapa saldo pahalaku? Mungkin zero… *menghelanafas*
Itulah kalimat yang spontan terlontar ketika mendapat tausiyah dari Pak Iwan Kurniawan direktur Cave Trainer Academy WAMY. 
Tausiyah tentang bagaimana suatu amalan naik hingga langit ketujuh.

Muhasabah menjelang pergantian tahun 2013…

Suatu saat Sayyidina Mu’az bin Jabbal dibonceng Rasulullah dalam seekor unta..
Rasulullah berkata,
“kalau seorang hamba beramal maka amalan itu dicatat oleh malaikat pencatat amal, lalu amalan itu diangkat menuju langit pertama.

Malaikat penjaga langit pertama berkata: berhenti.. amalan ini hanya sampai disini, campakan amalan ini ke muka pemiliknya, karena ia suka mengupat

Keesokan harinya, amalan lain diangkat dan lolos dilangit pertama. 
Tapi penjaga langit kedua berkata: berhenti.. amalan ini tidak bisa sampai ke langit berikutnya, campakan amalan ini ke muka pemiliknya karena dia beramal untuk mendapatkan dunia.

Keesokan harinya, amalan lain diangkat dan sampai ke langit ketiga. Malaikat penjaganya berkata: berhenti.. amalan ini hanya sampai disini, campakkan ke muka pemiliknya karena dia beramal secara sombong.

Keesokannya, amalannya sampai dilangit keempat, malaikat yang menjaganya berkata: berhenti… amalan ini hanya sampai disini, campakkan amalan ini ke muka pemiliknya karena didalam dirinya ada perasaan ujub, bangga dengan diri sendiri dan segala amalan yang dibuatnya

Esoknya, amalan lain lolos sampai langit kelima. 
Malaikat penjaga langit kelima berkata: berhenti… amalan ini hanya samapai disini, campakkan amalan ini kemuka pemiliknya karena dia suka mendengki..

Amalan lain diangkat sampai langit keenam: malaikat yang menjaganya berkata: berhenti.. amalan ini hanya sampai disini, campakkan amalan ini kemuka pemiliknya karena dia tidak suka mengasihani orang lain, hatinya penuh dengan kebencian.

Amalan lain sampai dilangit ketujuh, 3000 malaikat mengantarnya, amalan berupa sholat dan wudhu yang sempurna,, zakat, puasa, dan haji, tawadhu dan amalan lainnya. Bunyi amalan ini bergemuruh menggelegar sampai langit ketujuh menembus langit-langit sebelumnya. 
Penjaga langit ketujuh mengatakan: berhenti… amalan ini hanya sampai disini, campakkan amalan ini ke muka pemiliknya karena mengerjakannya karena sum’at, ingin diketahui orang lain dan ingin dipuji.
Amalan lain sampai tembus langit ketujuh, menuju Arsy singgasana Tuhan. 5000 malaikat mengangkatnya, langit bergemuruh menggelegar melihat amalan seorang hamba, bercahaya menyilaukan mata. Amalan berupa wara, zikir, tahmid, sholat khusuk dan amalan lainnya yang hebat. Para malaikat amat senang menyamaikannya pada sisi Allah SWT. Allah berfirman: kalian wahai para malaikatku, masih bisa ditipu oleh hambaku. Namun Aku ini adalah Tuhannya, Akulah yang Maha Mengetahui isi hatinya. Aku tidak bisa ditipu, ia beramal karena riya’, bukan karena Aku. Campakkan amalan ini ke muka pemiliknya, karena Aku hanya menerima amalan yang hanya menerima amalan yang dikhususkan untuk Aku, dank karena Aku…

Sayyidina Mu’az menangis tersedu-sedu, kedua matanya menatap baginda Rasulullah SAW: ya Rasulullah, jika seperti itulah prosesnya, siapa diantara kita yang mempu seperti itu? Siapa yang bisa selamat?
Baginda Rasulullah SAW bersabda: wahai Mu’az, tunduklah dengan segala ketentuanNya, aku pun seorang hamba yang tidak bisa menjamin keselamatanku sendiri..

Tidak ada pilihan bagi kita kalau ingin selamat kecuali mengejar ikhlas seumur hidup kita. Walaupun pada akhirnya Tuhan-lah yang menganugrahkan keikhlasan itu
Ikhlas itu hanya salah satu sifat taqwa, susah mendapatkannya, apalagi taqwa itu sendiri
Padahal tidak ada jaminan keberkatan, tidak ada jaminan rezeky yang tidak disangkat-sangka, jaminan keluar dari segala masalah, bahkan jaminan selamat dari dunia akhirat. Melainkan hanya orang yang bertaqwa.
 
Wallahualam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text